Dewan Guru MTsN 1 Lampung Timur Gelar Rapat Kenaikan Kelas dan Evaluasi KBM TP. 2020/2021.

By MTSN1LAMTIM 16 Jun 2021, 12:47:14 WIB Penyelenggaraan Pembelajaran pada MTsN 1 Lampung T
Dewan Guru MTsN 1 Lampung Timur Gelar Rapat Kenaikan Kelas dan Evaluasi KBM TP. 2020/2021.

Pagi ini bertempat di Ruang Guru MTsN 1 Lampung Timur, seluruh dewan guru menggelar Rapat Umum Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk peserta didik kelas VII dan VIII. Rapat diikuti oleh seluruh dewan guru pengampu mata pelajaran, seluruh wali kelas VII dan VIII juga dihadiri oleh Kepala Madrasah dan seluruh wakil Kepala Madrasah.

Kepala MTSN 1 Lampung Timur, Udin S.Ag, M.Pd.I., menyampaikan harapannya, agar kinerja dewan guru MTsN 1 Lampung Timur semakin meningkat usai dibenahi lewat evaluasi oleh inspektorat Jenderal kemarin, terutama dalam hal media pembelajaran, "Sebagai seorang guru ibaratnya inilah sawah kita, ladang pahala kita, mari kita pupuk dan rawat agar tanaman kita memperoleh hasil yang baik dan maksimal". Jelas Udin dalam pengarahannya.

Rapat dilanjutkan dengan inti rapat/musyawarah yang diawali dengan pembahasan kenaikan kelas, yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Yuli Setyono, S.Pd. Yuli menyampaikan bahwa dasar kenaikan kelas yakni surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.1 tahun 2021, serta surat edaran Menteri Agama no. B-298/DJ.i.PP.00/02/2021 tentang penyelenggaraan Kelulusan dan kenaikan kelas di madrasah tahun pelajaran 2020/2021 di masa darurat penyebaran Covid-19 dengan ketentuan:

1. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio dari nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring atau luring dan/ atau bentuk kegiatan penilaian lainnya yang ditetapkan oleh satuan pendidikan;
2. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar ang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;
3. Rumus perhitungan nilai kenaikan kelas pada seua tingkatan madrasah (MI, MTs, MA) dapat ditentukan oleh madrasah.

Selanjutnya, dijabarkan pemaparan kondisi pembelajaran dari setiap kelas oleh masing-masing wali kelas VII hingga kelas VIII. Suasana diskusi dengan segenap dewan guru MTsN 1 Lampung Timur berlangsung dengan baik dan lancar. 

Agenda rapat selanjutnya yakni evaluasi KBM TP. 2020/2021 yang disampaikan oleh Kepala Urusan Tata Usaha, Suyono, SE, M.AB., Suyono menyampaikan bahwa mulai tahun ajaran baru, di zona integritas ini jam kerja TU dan jam kerja dewan guru akan diseragamkan, kemudian, kedepannya di madrasah kita akan diadakan survey kepuasan layanan untuk peningkatan pelayanan kita di madrasah. Suyono juga menegaskan, bahwa untuk menyambut wacana tatap muka di tahun ajaran baru nanti, maka bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kemarin belum di vaksin, wajib melaksanakan vaksinasi Covid-19 di tanggal 22 Juni 2021.

Wakil Kepala bidang Kesiswaan Abdul Rahman PS, S.Ag., juga ikut melanjutkan, bahwa untuk seluruh dewan guru yang menjadi pembina organisasi, agar memiliki dan menyimpan seluruh laporan pertanggungjawaban kegiatan sebagai bahan pegangan, sehingga usai melakukan kegiatan perlombaan apapun, masing-masing pembina telah memiliki laporan kegiatannya. 

Secara keseluruhan, analisis permasalahan dari setiap kelas yang terjadi selama setahun di masa pandemi telah didiskusikan bersama di dalam rapat untuk ditemukan solusi yang terbaik bagi setiap permasalahan. Harapannya setahun kedepan kegiatan belajar mengajar di MTsN 1 Lampung Timur berlangsung dengan lebih baik lagi. Sehingga mutu pendidikan akan semakin meningkat. Aamiin yaa Rabbal aalaamiin. (Humas).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment